P3G LPPM UNS : MONITORING IMPLEMENTASI PUG PENDIDIKAN PADA SMP RSBI

Pusat Penelitian dan Pengembangan Gender Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (P3G LPPM UNS) mendapat tugas dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk memonitor implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bidang pendidikan pada semua SMP RSBI di Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Klaten. Menurut Kepala P3G LPPM UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti, Kegiatan monitoring tersebut merupakan tindak lanjut dari pelatihan tentang penyusunan data pendidikan terpilah menurut jenis kelamin yang diikuti oleh kepala dan wakil kepala sekolah serta pelatihan integrasi kesetaraan dan keadilan gender dalam silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diikuti oleh 2 orang guru pada masing-masing SMP RSBI khususnya dalam mata pelajaran PKN/IPS, bahasa Indonesia dan information technology (IT).

“Monitoring diawali dengan berdiskusi bersama seluruh alumni pelatihan di SMP Negeri 1 Surakarta pada 23 Juli 2011, dilanjutkan dengan berkunjung ke masing-masing sekolah pada tanggal 27 Juli 2011, 30 Juli 2011 dan 2 Agustus 2011″, papar Prof. Ismi.

Hasil monitoring menunjukkan bahwa seluruh sekolah yang dimonitor mendukung integrasi gender di sekolah, namun mereka masih mengalami kesulitan dalam memasukkan materi gender ke dalam substansi mata pelajaran maupun mencari sumber belajar.

Untuk itu mereka berharap ada pelatihan lanjutan tentang integrasi gender bidang pendidikan sehingga mereka mampu menyusun RPP dan Silabus responsif gender. Sebagian besar sekolah juga menghendaki adanya “in house training” tentang integrasi gender bidang pendidikan yang diikuti oleh semua guru di masing-masing sekolah sehingga seluruh guru mampu menyusun silabus dan RPP responsif gender sesuai mata pelajaran masing-masing.