P3G LPPM UNS akan selenggarakan FGD tentang Anggaran Responsif Gender

Pusat Penelitian dan Pengembangan Gender (P3G) LPPM UNS akan menyelenggarakan Focus Group Discussion tentang kesiapan SKPD Provinsi Jawa Tengah dalam implementasi Anggaran Responsif Gender (ARG) pada hari Jumat, 25 Februari 2011 bertempat di Vina House Jl. Diponegoro 29 Semarang. FGD tersebut akan dihadiri oleh unsur-unsur BP3AKB, BAPPEDA, Biro Keuangan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Inspektorat dan Biro Organisasi dan Kepegawaian, Biro Keuangan SETDA Provinsi Jawa Tengah. Output yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah:

  1. Teridentifikasinya kesiapan SKPD dalam mengimplementasikan ARG serta hambatan-hambatan yang dihadapi oleh SKPD dalam mengimplementasikan kebijakan ARG.
  2. Teridentifikasinya best practice atau pengalaman terpetik terbaik

    yang telah dikembangkan oleh SKPD dalam implementasi ARG.

  3. Teridentifikasinya kebutuhan-kebutuhan SKPD terkait dengan perangkat operasional sebagai tools dalam mengimplementasikan ARG.
  4. Terumuskannya rekomendasi kebijakan operasional bagi Gubernur ataupun ketersediaan tools/instrumen/perangkat untuk mempermudah implementasi ARG di tingkat SKPD.
  5. Menguatnya kemitraan/kolaborasi antara Pusat Studi Gender pada perguruan tinggi dengan Pemerintah Daerah sehingga keduanya bisa bersinergi dalam mendukung kebijakan Pemerintah di bidang pemberdayaan perempuan, gender dan anak, utamanya dalam menjamin adanya ketersediaan anggaran untuk pencapaian keadilan dan kesetaraan gender.